PKS Siap Berkoalisi Dengan Golkar Pada Pemilu Kada Buton

Kendari, 18 Maret 2011
Kiki Andi Pati - Radio Lawero

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) siap berkoalisi dengan partai Golkar pada pemilukada di Kabupaten Buton yang akan digelar Agustus 2011 mendatang. Menurut kader PKS, Yaudu Salam Ajo, sejauh ini PKS terus menjalin hubungan baik dengan partai Golkar sebagai rekan koalisnya nanti.

"Terkait dengan partai koalisi, kami saat ini sedang membangun komunikasi yang baik dengan partai Golkar, mengingat perolehan kami di Buton itu hanya dua kursi, jadi membutuhkan tiga kursi lagi untuk mencukupinya," terang Yaudu kepada sejumlah awak media, Jumat (18/3/2011).

Yaudu menjelaskan, kedepannya komunikasi yang dibangun menemukan kesamaan visi dan misi, maka bukan hal yang mustahil PKS dan Golkar akan serius maju sebagai partai koalisi. "Kalau kita memang punya kesamaan visi dan misi untuk membangun daerah terhadap partai Golkar, maka tidak menutup kemungkinan akan berkoalisi," tuturnya.

Ketika ditanya, masalah kesiapan PKS tampil sebagai 01 atau 02? Dirinya menegaskan bahwa ia tidak menjadi masalah akan didaulat sebagai 01 atau 02. "Partai sudah memberikan amanah kepada saya untuk tampil sebagai salah satu calon di pemilu kada Buton, tetapi jika memang partai koalisi menginginkan posisi sebagai 01, saya tidak jadi masalah," tegasnya.

"Dari awal saya juga sudah berkomitmen, jika terpilih sebagai 01 atau 02 alhamdulillah, tetapi kalau tidak maju sekali pun saya juga tidak masalah. Kalau memang Golkar menginginkan posisi sebagai 01, saya juga tidak masalah karena Golkar juga perolehan kursinya lebih besar, yakni tiga kursi sedangkan PKS hanya dua kursi, kita serahkan ke partai saja," lanjutnya.