Pemilukada Bombana Dijadwalkan 8 Mei Mendatang

Kendari, 8 Maret 2011
Kiki Andi Pati - Radio Lawero

Setelah kesekian kali mengalami penundaan, akhirnya jadwal pemilukada tahap kedua dijadwalkan kembali 8 Mei mendatang. Asisten I Provinsi Sultra, Nasruan, SH. mengatakan sebelumnya pemilukada Bombana dijadwalkan tanggal 13 Maret 2011, namun dari segi anggaran Kabupaten Bombana belum siap.

"Kami sudah melakukan pertemuan dengan pihak KPUD Bombana, Provinsi dan Pusat mengenai jadwal pemilu kada di Kabupaten Bombana, dan berdasarkan hasil kesepakatan, pemilu kada tidak dapat dilakukan pada tanggal 13 Maret 2011 ini, maka kami memustuskan untuk melakukannya pada tanggal 13 8 Mei 2011 mendatang," jelas Nasruan, Selasa (8/3/2011).

Nasruan menjelaskan kesepakatan tersebut diambil atas dasar pemikiran, keseimbangan APBD 2011 Kabupaten Bombana akan terjadi pada bulan Agustus, sehingga jika pemilu kada diadakan pada bulan Mei, maka semuanya dapat berimbang.

"Gubernur sudah menandatangi akta hibah mengenai anggaran pemilu kada di Kabupaten Bombana, hanya saja kita lihat dulu keseimbangan APBDnya itu nanti bulan Agustus, jadi kalau dilakukan pada bulan Maret, kami rasa semuanya terlalu tergesa-gesa," tandasnya.

Sesuai Permendagri No. 9 Tahun 2005 tentang pemilukada menegaskan bahwa gubernur bertanggung jawab atas jalannya pemilu kada secara aman dan tertib dan hal tersebut sudah diupayakan oleh gubernur.

Asisten I Sultra Nasruan menambahkan sejauh ini, pihak Kesbang sudah melakukan pemantauan atas persiapan pemilu kada mendatang, untuk memastikan semuanya proses berjalan dengan aman dan tertib sesuai yang diharapkan.