Penyaluran Dana Blog Grant Mulai Dibenahi

Kendari, 9 Maret 2011
Kiki Andi Pati - Radio Lawero

Komisi I DPRD Sultra memanggil kepala Badan pemberdayaan masyarakat desa dan kepala biro keuangan terkait penyaluran dana blog grant yang sempat menuai masalah. Menyusul penyalurannya tidak mencapai 100 persen. Ketua Komisi I DPRD Sultra, Harun Rahim, mengatakan, pada tahun 2010 masih sangat banyak desa dan kelurahan yang tidak mendapatkan alokasi dana blog grant 100 persen, ada yang mendapatkan 50 atau 75 persen saja, sehingga pihak Komisi I DPRD Sultra perlu membahas hal tersebut bersama dengan BPMD Sultra dan Biro Keuangan.

"Hari ini kami memang sengaja memanggil BPMD dan Biro Keuangan, untuk menyelesaikan permasalahan penyaluran dana blogrant, sebab sisa dana blogrant 2010 masih ada yang belum tersalurkan, jadi harus dituntaskan dulu sebelum mendapatkan penyaluran 2011," terang Harun kepada sejumlah media, Rabu (9/3/2011).

Harun menuturkan, untuk penyaluran dana blog grant tahun 2011, akan dilakukan dengan dua tahap yakni tahap pertama pada bulan Mei dan tahap kedua pada bulan Oktober. "Kami sudah memuturkan pada bulan Mei akan diberikan 50 juta dan bulan Oktober 50 juta lagi, dengan tujuan setiap desa bisa mendapatkan 100 persen dan tidak tersendat lagi," ujarnya.

Namun demikian, ia menyatakan bahwa untuk penyaluran dana blog grant 2011, jika ada desa yang belum menerima di 2010, maka harus diselesaikan dulu laporan pertanggungjawabannya. "Kalau 2010, belum selesai disalurkan maka harus dibuat dulu laporannya, jika tidak, bisa-bisa desa yang bersangkutan tidak akan mendapatkan dana blog grant di 2011," tandasnya.

Ia menjelaskan bahwa untuk 2011, setiap desa harus dapat membuat laporan pertanggungjawaban tentang dana blog grant setelah dua bulan menerima dananya agar penyaluran selanjutnya tidak terhambat lagi. "Sudah dibuatkan peraturan lagi, untuk tahun 2011 ini supaya dananya tidak terhambat penyalurannya maka laporannya harus jelas dan tepat waktu, maka disarankan tiap dua bulan memberikan laporan mengenai dana blog grant tersebut, agar jelas penggunaannya," tutupnya.