Polda Sultra Siap Amankan Pengguna Tangki Modifikasi

Kendari, 17 Februari 2011
Kiki Andi Pati - Radio Lawero

Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara mengancam akan menindak tegas pelaku manipulasi BBM jenis Solar dengan menggunakan tangki modifikasi. Menurut Kapolda Sultra, Sigit Sudarmanto, pihak kepolisian Sulawesi Tenggara akan mengamankan para pengguna tangki modifikasi yang saat ini meresahkan masyarakat dan dianggap sebagai salah satu penyebab kelangkaan BBM.

“ Kami tidak akan segan-segan mengambil langkah tegas ketika menemukan hal tersebut di lapangan”. Ujarnya. Kendati demikian Sigit menjelaskan, pihaknya tidak bisa sembarang menangkap jika tidak ada buktinya, jika masyarakat langsung melaporkan hal tersebut kepada polisi terkait tangki modifikasi yang membuat kekacauan, maka polisi akan segera memproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

Untuk mengantisipasi kelangkaan solar kembali, lanjut Kapolda, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait, seperti Pertamina dan SPBU. "Tentu kami akan tetap melakukan koordinasi dulu dengan pihak pertamina, sebab bagaimana pun juga dana regulasi BBM itu ada pada pihak pertamina," tandasnya.

Ketika disinggung seputar personil yang akan berjaga di SPBU yang ada di Kota Kendari, dirinya tidak ingin terlalu cepat mengambil langkah tersebut, tetapi kalau memang mengharuskan langkah itu, maka pihak kepolisian akan turun langsung ke lapangan.

"Jangan sampai kita mengambil keputusan untuk menempatkan personil di SPBU, tetapi bukan langkah yang tepat juga sebab dikhawatirkan masih ada masyarakat yang merasa resah dengan langkah tersebut. Jadi kita tunggu saja hasil koordinasi dengan pihak pertamina, solusi apa yang akan kita tempuh nanti," katanya